Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi

Berita

2019, Prioritas Pembangunan Bergeser ke SDM

2019, Prioritas Pembangunan Bergeser ke SDM

Kamis, 10 Januari 2019 by Administrator

Empat tahun sebelum ini kita berfokus pada pembangunan infrastruktur. Dan 2019 prioritas nasional sudah bergeser pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) punya anggaran 5,7 triliun, 4 triliun lebih untuk atau hampir 70% dipakai untuk mendorong peningkatan daya saing SDM. Hari ini kebutuhannya adalah SDM yang berkualitas dalam jumlah yang relatif memadai dan tersebar secara relatif merata di berbagai daerah.

Demikian disampaikan Menteri Ketenagakerjaan RI, M.Hanif Dhakiri saat menyampaikan pengarahaannya pada Pebukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi, Senin (7/1). Hadir dalam acara tersebut Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Dirjen Binalattas) Kemnaker RI, Drs. Bambang Satrio Lelono, M.A, Walikota Bekasi, perwakilan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bekasi, perwakilan BPJS Kesehatan, Polres Bekasi, dan Koramil kota Bekasi.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), angkatan kerja Indonesia sebanyak 131 juta orang dengan 58% lulusan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). “Yang ada di ruangan ini yang lulusan SMP ada 80 orang sarjana 8 orang. Lah sarjana masih ikut pelatihan. Yang lulusan SMK mana? Masya Allah banyak sekali. Ngapain anak SMK masuk BLK? Lulus SMK, kerja!”, tegasnya pada para siswa PBK BBPLK Bekasi.  

Artinya, jelas Menaker Hanif, masih banyak tantangan dan persoalan di sekolah-sekolah formal, termasuk sekolah vokasi. “Ini investasinya dobel. Negara keluarkan uang untuk SMK. Lalu kemudian masuk ke BLK keluar uang lagi”, ucapnya menyayangkan. Mestinya, tambah Menaker Hanif, masuk SMK lulus langsung kerja. Atau kalau tidak masuk SMK dilatih di BLK langsung kerja sehingga anggarannya tidak dobel.

Missmatch antara pendidikan formal dengan dunia kerja yang masih cukup tinggi adalah salah satu tantangan yang dihadapi dunia ketenagakerjaan. Pemerintah terus memperbiki dengan perbaikan kurikulum, mendekatkan pendidikan formal ke industri, dan lain sebagainya. “Pada intinya kita terus menggenjot agar kualitas dan kuantitas SDM kita semakin baik”, pungkasnya (sm).

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi

Alamat : Jalan Guntur Raya No.1, Kelurahan Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

Telp : (021) 884 1147

Facebook

Profil BBPLK Bekasi

Social Links

Statistik Pengunjung