Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi

Berita

331 Anak Muda se-ASEAN Bertarung dalam Kompetisi Keahlian di Thailand

331 Anak Muda se-ASEAN Bertarung dalam Kompetisi Keahlian di Thailand

Rabu, 29 Agustus 2018 by Administrator

Bangkok -  Sebanyak 331 orang tenaga kerja muda yang berasal dari negara-negara anggota ASEAN mengikuti ASEAN Skills Competition (ASC) -12 yang berlangsung dari tanggal 31 Agustus sampai dengan 05 September 2018 di Thailand.
 
ASC merupakan kompetisi sekaligus arena unjuk kebolehan terhadap penguasaan keterampilan kerja di berbagai bidang kejuruan oleh para tenaga kerja muda (yang berusia maksimal 22 tahun dan 25 tahun untuk kejuruan tertentu) dari negara-negara anggota ASEAN. 
 
“Dalam ASC ke-12 di Bangkok ini akan ada 331 pemuda bertalenta yang memiliki keterampilan tertentu di 26 kejuruan saling berkompetisi memenangkan standar keterampilan terbaik. Indonesia sendiri mengirimkan 44 anak muda di 22 kejuruan” Sekretaris Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan, Kunjung Masehat di, Bangkok, Thailand (27/8/2018).
 
Hal tersebut disampaikan Sekretaris Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan, Kunjung Masehat, sesuai mengikuti Technical Committe Meeting (TCM) ke -2 di IMPACT Muang Thong Thani, Bangkok, Thailand (27/8/2018).
 
“Penyelenggaraan ASC merupakan salah satu upaya peningkatan standar kompetensi kerja ASEAN di berbagai bidang kejuruan sehingga citra, kualitas dan posisi tawar tenaga kerja negara anggota ASEAN di dunia internasional semakin diperhitungkan,” jelas Kunjung.
 
Selain itu, menurut Kunjung, keikutsertaan dalam ASC ini mendukung pengembangan sumber daya manusia khususnya tenaga kerja muda khususnya di Indonesia untuk mencapai kompetensi sesuai dengan perkembangan teknologi dan tuntutan pasar kerja global.
 
Dalam TCM ke-2 yang digelar sebelum kompetisi ASC dimulai membahas dan mengkonfirmasikan keikutsertaan kompetitor negara peserta di kejuruan yang dilombakan serta Mengkonfirmasi kepala juri dan tim penilai yang telah ditetapkan pada TCM pertama di bulan Febuari 2018.
The 2nd Technical Committe Meeting (TCM) ini dipimpin oleh Chairperson, Vacharapong Mukcherd dari Thailand dan wakil, Heng Guan Teck dari Singapura.
“Pertemuan ini juga membahas peraturan kompetisi dan memastikan bahwa prosedur kesehatan dan keselamatan Kerja terlaksana sesuai standar yang telah ditentukan,” ungkap Kunjung.
 
Kegiatan ASC ke-12 didahului dengan keikusertaan delegasi Indonesia pada Organizing Committee Meeting I (OCM-I) yang telah dilaksanakan pada tanggal 10-13 September 2017 di Dusit Thani Hua Hin, Phetchaburi, Thailand. 
Adapun hasil kesepakatan-kesepakatan OCM I tertuang dalam Agree Minutes OCM I. Kemudian diadakan juga Technical Commitee Meeting I (TCM-I) pada tanggal 4-9 Februari 2018 di The Berkeley Hotel Pratunam, Bangkok, Thailand.
Kompetisi meliputi 26 kejuruan, dari 6 kategori. Akan ada lebih dari 300 pesaing dan lebih dari 1.000 delegasi dari 10 negara ASEAN, serta 30.000 pengunjung akan menghadiri acara di IMPACT Muang Thong Thani, Thailand.
 
Biro Humas Kemnaker

Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Bekasi

Alamat : Jalan Guntur Raya No.1, Kelurahan Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

Telp : +62 813-1964-8363

Facebook

Instagram

Profil BBPVP Bekasi

Social Links

Statistik Pengunjung