Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi

Berita

BBPLK Bekasi : Beri Kami Soft Skill Inklusi Industri, Penyandang Disabilitas Langsung Bisa Diserap

BBPLK Bekasi : Beri Kami Soft Skill Inklusi Industri, Penyandang Disabilitas Langsung Bisa Diserap

Jumat, 25 September 2020 by Administrator

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi turut diundang Dinas Sosial Kabupaten Bekasi dalam rangka pendampingan dan pemberdayaan penyandang Disabilitas di Kabupaten Bekasi. Langkah itu diperuntukkan terwujudanya kemudahan kaum Disabilitas untuk dapat mengakses lapangan pekerjaan seperti masyarakat pada umumnya. Keramahan dan terbuka “inklusi” ditempat kerja bagi Penyandang Disabilitas. Kegiatan ini mengangkat tema “Pelatihan Penerapan Inklusi di Tempat Kerja” dilangsungkan di Hotel Sakura Delta mas Kab. Bekasi (24/09/20). Atmaja, selaku BUpati Kabupaten Bekasi membuka langsung acara tersebut langsung dari Kantor Dinas. Acara ini dilangsungkan dengan blanded, Sebagian peserta dating dan berkumpul di Hotel Sakura dan sebagian peserta dan narasumber yang lain melakukannya dengan webinar.

“beri kami (BBPLK Bekasi) induksi, hal-hal unique, Soft Skill Inklusi di Industri sehingga Penyandang Disabilitas yang nantinya kami latih bisa langsung diserap industry” pinta R. Adam Azis, Kepala Seksi Program BBPLK Bekasi Kepada panitia penyelenggara. BBPLK Bekasi berkomitmen dalam pendampingan dan pelatihan kepada masyarakat penyandang Disabilitas. Sehingga mereka miliki kompetensi keahlian standar nasional dan industry. Kehadiran BBPLK Bekasi pada acara ini didahului atas kunjungan Humanity & Inclusion dan This Able Foundation di kantor BBPLK Bekasi (17/09/20). Kedua NGO (Non Government Organitation) tersebut berkesempatan meninjau fasilitas-fasilitas pelatihan. Semacam inpeksi atau audit aksestabilitas akomodasi inklusi, kedatangan mereka dilakukan bersama-sama penyandang Disabilitas, Tuna Wicara, Tuna Rungu, Tuna Netra, Tuna daksa.

Di tempat bekerja/industry penyandang Disabilitas harus memenuhi Disability Inclusion. Empat hal harus dipenuhi, Political Will, HR Management, Corporate Culture, Partnership, Accestability. Bila dari keempat unsur tersebut satu tidak terpenuhi maka akan menjadi batu sandungan atau kesulitan dalam bekerja bagi para penyandang. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah akomodasi di tempat kerja bagi penyandang Disabilitas. Infrastruktur tempat kerja, seperti tracking blok, WC ramah Disabilitas, dll. (Rob)

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi

Alamat : Jalan Guntur Raya No.1, Kelurahan Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

Telp : (021) 884 1147

Facebook

Profil BBPLK Bekasi

Social Links

Statistik Pengunjung