Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi

Berita

BBPLK Bekasi Latih 150 Calon Instruktur BLK Komunitas

BBPLK Bekasi Latih 150 Calon Instruktur BLK Komunitas

Rabu, 4 November 2020 by Administrator

Direktur Jenderal Binalattas Kementerian Ketenagakerjaan RI, Budi Hartawan membuka Diklat Dasar Instruktur BLK Komunitas Kejuruan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Program Desain Grafis, Desain Komunikasi Visual dan Multimedia (04/11/20). Seremonial ini dilangsungkan di ruang serbaguna Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi Jawa Barat. Turut Mendampingi, Dita Indah Sari Staff Khusus Menteri Ketenagakerjaan RI, Amir Syarifuddin Kasubdit Instruktur Lembaga Swasta Kemnaker dan Kepala BBPLK Bekasi, Herman. Pada sambutannya Budi menyampaikan bahwa Program BLK Komunitas sudah dirintis Kemnaker sejak 2017 yang lalu. Saat ini BLK Komunitas yang sudah berdiri sejumlah 1057 unit. Pada tahun 2020 akan berdiri 1000 BLK Komunitas dan ditargetkan tambahan 1000 BLK di tahun 2021. “Pak Presiden apresiasi program BLK Komunitas dan beliau mendorong di tahun 2021 ada tambahan 1000 unit BLK Komunitas” terangnya kepada para peserta Diklat. Pada kesempatan itu pula pria yang menyelesaikan pendidikan sarjana ekonomi ini berpesan kepada para peserta diklat untuk mengikuti pelatihan ini dengan sungguh sungguh. Dan setelah peltihan dapat menularkan ilmunya kepada masyarakat sekitar yang berada dilingkungan BLK Komunitas. Selain itu saat ini BLK Komunitas juga diharuskan mengantongi izin dari Dinas Ketenagakerjaan masing masing Kota atau Kabupaten. Sehingga nantinya BLK Komunitas bisa bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten. “semisal BLK Komunitas bisa menghadap dan silaturahim dengan Bupati dan akses program daerah” tegas pria berkacamata tersebut.

Dita Indah Sari selaku Staff Khusus Menteri Ketenagakerjaan RI yang berkesempatan hadir pada acara pembukaan diklat tersebut dan memberikan sedikit wejangan kepada peserta. Bahwa kehadiran BLK Komunitas sebagai bukti dan tindakan nyata kepedulian pemerintah kepada masyarakat. Ia menyitir sebuah kalimat “ambilah hal baru yang baik dan tidak meninggalkan hal lama yang baik”. Kalimat itu ia umpamakan bahwa BLK adalah hal baru yang baik dan dimana peserta merupakan kebanyakan berasal dari pesantren-pesantren yang notabennya dengan budaya lama yang baik. BLK merupakan sebuah modernitas atau kekinian, dan pesantren sebagai kebalikannya. Dua entitas ini harus saling sinergi dan melengkapi.

Sebanyak 150 peserta calon instruktur Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas akan mendapatkan pelatihan dasar instruktur dalam diklat dasar instruktur BLK Komunitas kejuruan teknologi informasi dan komunikasi, program desain grafis, desain komunikasi visual dan multimedia. Diklat ini dilaksanakan di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi, Jawa Barat. Pelatihan ini dilangsungkan selama 47 hari lamanya, berakhir pada 27 desember 2020. Para beserta berasal dari lima Propinsi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung dan Sulawesi Selatan. Diklat Dasar ini merupakan angkatan ke dua dan terbagi menjadi sepuluh kelas dengan perincian dua kelas desain Komunikasi visual 31 peserta. Tiga kelas untuk Multimedia dengan 48 peserta. Teknologi informasi dan komunikasi & desain grafis sebanyak 80 peserta terbagi lima kelas.

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi

Alamat : Jalan Guntur Raya No.1, Kelurahan Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

Telp : (021) 884 1147

Facebook

Profil BBPLK Bekasi

Social Links

Statistik Pengunjung