Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi

Berita

BBPLK Bekasi  Terapkan QR Code dalam Rekrutmen PBK

BBPLK Bekasi  Terapkan QR Code dalam Rekrutmen PBK

Selasa, 18 Desember 2018 by Administrator

Untuk memenuhi target pelatihan sejumlah 11.000 peserta, Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi pada Senin-Selasa, 18-19 Desember ini telah melakukan perekrutan. Perekrutan ini diperuntukkan pada Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Tahap I Tahun 2019, awal Januari nanti.  

Pada Selasa, 18 Desember 2018, untuk Kejuruan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Program pelatihan yang dibuka adalah Web Developer, Mobile Programming, Network Administrator, Computer Technician,  serta Graphic Design. Pada Rabu, 19 Desember 2018, rekrutmen siswa PBK Kejuruan Elektronika dan Pariwisata. Sebanyak 484 orang calon peserta pelatihan mengikuti tes tertulis dan wawancara di BBPLK Bekasi pada Selasa (18/12) dan 351 pada Rabu (19/12).

Ada yang berbeda dengan proses rekrut kali ini. Jika biasanya para peserta pelatihan mendatangi bagian pendaftaran dan memasuki ruangan tes tertulis dan wawancara. Kali ini, sebelumnya didahului konfirmasi scan barcode dengan para panitia rekrutmen peserta PBK Tahun 2019. Scan barcode dapat mempermudah dan mempercepat absensi siswa, serta meminimalisasi penggunaan kertas.

Hadirnya sistem rekrutmen berbasis digital ini merupakan salah satu terobosan baru di BBPLK Bekasi. Menurut Kepala Bagian Tata Usaha BBPLK Bekasi, Memey Meirita Handayani, S.E inovasi ini sangatlah baik. Inovasi ini dapat mempercepat proses pelayanan pada masyarakat. “Hal ini bisa ditularkan pada rekan-rekan instruktur terutama di kejuruan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Tidak hanya berkutat pada rutinitas mengajar, tapi perlu juga melakukan inovasi-inovasi yang dapat membuka berbagai peluang”, harapnya.

 

Menjadi Pionir

BBPLK Bekasi menjadi BLK pertama yang menerapkan teknologi canggih sebagai inovasi dalam rekrutmen peserta pelatihan. Dengan ini, dapat lebih dipastikan bahwa siswa pelatihan yang mengikuti tes tertulis dan wawancara adalah mereka yang telah mendaftar sebelumnya di https://blkbekasi.kemnaker.go.id/pelatihan.

Adapun setelah masuk di https://blkbekasi.kemnaker.go.id/pelatihan,  para calon siswa akan menerima email notifikasi kelulusan administrasi. Dalam email tersebut diinformasikan untuk mengikuti tes seleksi tertulis dan wawancara pada tanggal/hari dan jam yang telah ditetapkan di BBPLK Bekasi. Dalam setiap email juga diberikan QR Code untuk pengecekan kehadiran pada saat tes. Selanjutnya, menggunakan username dan password yang diterima di email tersebut, calon peserta bisa login untuk melihat status selanjutnya. Pada hari pelaksanaan tes tertulis dan wawancara, dengan scan QR Code, panitia dapat memperoleh foto, nama, dan email para peserta tes.

Salah satu keunikan sistem rekrutmen menggunakan QR Code adalah calon peserta pelatihan dapat mengetahui nomor pendaftarannya. Nomor pendaftaran ini menjadi bukti akan besarnya minat para calon peserta pelatihan. “Keinginan para peserta pelatihan di BBPLK Bekasi begitu besar. Saat ini, jam 9 malam waktu setempat telah hadir peserta dari berbagai daerah seperti Tangerang dan Bandung”, Papar Kepala Seksi Pemberdayaan BBPLK Bekasi, Muhammad Adenin, ST pada Senin malam (17/12).

Hasil tes tertulis dan wawancara akan diumumkan pada 28 Desember 2018 di akun Facebook dan Instagram BBPLK Bekasi. Sedangkan pada 2-4 Januari 2019 akan dilaksanakan proses daftar ulang melalui https://blkbekasi.kemnaker.go.id/pelatihan (sm).

 

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi

Alamat : Jalan Guntur Raya No.1, Kelurahan Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

Telp : (021) 884 1147

Facebook

Profil BBPLK Bekasi

Social Links

Statistik Pengunjung