Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi

Berita

BBPLK Bekasi selenggarakan Rapat Koordinasi Penempatan Peserta Boarding

BBPLK Bekasi selenggarakan Rapat Koordinasi Penempatan Peserta Boarding

Senin, 14 Desember 2020 by Administrator

BBPLK Bekasi mengadakan Rapat Koordinasi Penempatan Peserta Boarding Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahun 2020 di Novotel Mangga Dua Square, Jakarta.Rakor yang dibuka secara resmi oleh Kepala BBPLK Bekasi, Herman diselenggarakan mulai dari tanggal 3-5 Desember 2020 dengan narasumber Shahnaz Haque (Figur Publik dan Pemerhati anak), Plt. Direktur Pengembangan Pasar Kerja Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, dan Kepala Subbidang Pengembangan Sistem Informasi.Dalam kegiatan rapat koordinasi ini, dihadiri 120 peserta diantaranya, 70 dari Disnasker, 30 BLK Binaan dan 20 pegawai BBPLK Bekasi.
 
Rapat Koordinasi Penempatan Peserta Boarding Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahun 2020 memasuki hari ke dua, panitia pelaksana BBPLK Bekasi hadirkan pembicara, Shannaz Haque, aktivis pemerhati perempuan dan anak sebagai narasumber. Didampingi Muhammad Adenin, Kasi Penyelenggaraan BBPLK Bekasi sebagai moderator (04/11/20)
 
Perempuan lulusan Universitas Indonesia ini berbagi pengalaman kepada para peserta rakor dengan tema memotivasi alumni balai latihan kerja (BLK) ke dunia usaha dan dunia industri. Hal mendasar menjadi perhatian isteri dari Gilang Ramadhan ini pada aspek komunikasi. Komunikasi tidak melulu verbal (oral). Mengacu pendapat Psikolog UCLA, Prof. Dr. Albert Merhrahbian, komunikasi di dominasi 55% body language (gerak tubuh, mimik), 38% voice tonality, sisanya 7% penguunaan word (kata). Keefektifan komunikasi pengaruhi keberhasilan pelatihan kompetensi dan hal tersebut merupakan bagian dari softskill.
Pada sesi lanjutan, dimulai pemaparan dari Rasyid Amir, Plt Direktur Pengembangan Lapangan Kerja Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Tenaga Kerja dan dimoderatori Syafruddin, Kepala Bidang Pemberdayaan dan Penyelenggaraan BBPLK Bekasi. ia sampaikan pentingnya platform digital karirhub yang dimiliki kemnaker RI. dengan aplikasi yg bisa diakses melalui smartphone android ini akan memudahkan pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan yang diminati lebih mudah tanpa harus berkeliling dari satu tempat ke tempat yang lain. Dengan Karirhub para pencari kerja akan terhindar dari penipuan oknum pemberi kerja. "Saya pernah dapat cerita. Seseorang sudah sangat senang. Mendapat kabar telah diterima kerja bahkan tiket pun dikirim setelah mentransfer sejumlah uang. sesampai di bandhara, ternyata penerbangan yang tertera di tiket tidak ada. Kena tipu" tutur pria dengan kemeja batik lengan panjang kepada para peserta rakor.
 
Kementerian Ketenagakerjaan RI sudah dua tahun ini melakukan perbaikan data base ketenagakerjaan. Langkah itu dilakukan dengan membangun sistem data base digital, Sistem Informasi Ketenagakerjaan "SISNAKER". masyarakat yang sudah memiliki Nomor Induk Penduduk (NIK) yang sudah terverifikasi bisa langsung mendaftarkan diri di Sisnaker. Sejak awal dilaunching di 2019 sistem digital ini sangat membantu masyarakat dari 99.118 pengguna. melonjak drastis di angka 6.643.000 orang yang memanfaatkannya pada saat ini. "artinya ada kenaikan 3.128%" tutur Meta Lara Pandini.
 
Berikutnya pemaparan oleh R. Adam Aziz, Kepala Seksi Program BBPLK Bekasi. Pria kelahiran Pulau Garam Madura ini menyampaikan Sosialisasi Program Pelatihan BBPLK Bekasi di Tahun 2021. Selain UPTD, BBPLK Bekasi juga melakukan pembinaan pelatihan BLK Komunitas sejumlah 78 yang tersebar di beberapa provinsi.

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi

Alamat : Jalan Guntur Raya No.1, Kelurahan Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

Telp : (021) 884 1147

Facebook

Profil BBPLK Bekasi

Social Links

Statistik Pengunjung