Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi

Berita

Berharap Bisa Perbaiki SDM dan Mindset Warga, Lurah Summarecon Kunjungi BBPLK Bekasi

Berharap Bisa Perbaiki SDM dan Mindset Warga, Lurah Summarecon Kunjungi BBPLK Bekasi

Senin, 9 November 2020 by Administrator

Rena Nurwangianten, Lurah dari Kelurahan Harapan Mulya, Kecamatan Medan Mulia Kota Bekasi didampingi beberapa staffnya lakukan kunjungan sekaligus diskusi dengan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi (06/11/20). Rombongan kelurahan disambut Kepala Bidang Penyelenggaraan & Pemberdayaan, Syafruddin.  Kepala Subbag Kepegawaian Umum, Dulhani. dan Fadilah Hakim, Kepala Seksi Penyelenggaraan. Bukan tanpa alasan, kehadiran perempuan yang sempat populer dengan sebutan Lurah Summarecon tersebut berharap membuahkan hasil dan solusi yang dialami warganya. "Semoga kunjungan saya ini bisa merubah mindset warga saya" tutur perempuan berkerudung tersebut.

Ia bercerita, bahwa saat ini banyak warganya yang tidak atau belum bekerja. Menganggurnya disebabkan beberapa masalah. Minimnya skill atau keahlian yang dimiliki warganya. Berikutnya, bahwa masyarakat kelurahan yang ia pimpin miliki budaya seseorang baiknya bekerja tidak jauh dari rumah dan juga terbiasa dimanja. Bu Lurah pun harus putar otak untuk selesaikan problem tersebut. Ia teringat beberapa tahun sebelum duduki posisi sebagai lurah seperti sekarang. Saat itu ia masih di Dinas Pertamanan Pemakaman dan Penerangan Jalan Umum, tepatnya di PJU. Dari sekian banyak pegawai PJU, kurang lebih 40 orang cuma dua pegawai yang faham terkait kelistrikan. Alhasil, ia menjalin kejasama dengan BBPLK Bekasi, 20 orang dikirim untuk mengikuti pelatihan elktronika. "Alhamdulillah, mereka hingga saat ini masih bertahan di PJU, dan mereka faham kelistrikan" ceritanya dengan perasaan puas.

 

Keberhasilannya di PJU jalin kerjasama dengan BBPLK Bekasi ingin ia aplikasikan pada warganya. berulang kali warga meminta padanya pekerjaan. Namun ia tidak mau sekonyong konyong memberi warganya pekerjaan tanpa miliki sebuah skill atau keahlian. Mustahil rasanya. Solusinya adalah mengikutkan pelatihan warganya di BBPLK Bekasi, niat baiknya disambut terbuka Oleh BBPLK Bekasi. " Silahkan didata warganya, tapi yang serius dan sungguh-sunguh. Kemudian daftar pelatihan. Bisa daftar on line atau datang ke Kios" terang Kabid Penyelenggaraan dan Pemberdayaan, Syafruddin ke Lurah. Lelaki asli sulawesi itu mewanti-wanti dan mengingatkan bahwa pelatihan nantinya tidak hanya memberikan hard skill sekaligus juga soft skill. Persis seperti yang diceritakan Bu Lurah, beberapa siswa pelatihan yang dari Bekasi. Baru beberapa hari ikuti pelatihan dan tidak muncul kembali hingga pelatihan rampung, dikarenakan siswa tidak bisa mengikuti penerapan disiplin yang ketat saat pelatihan.

 

"Terimakasih sekali atas sambutannya, diskusi kunjungan kali ini akan saya sampaikan ke warga saya, kepada teman-teman karang taruna" demikian disampaikan Rena sebelum mengakhiri diskusi. Selanjutnya rombongan Kelurahan Harapan Mulya berkeliling di lingkungan BBPLK Bekasi. Melongok dan melihat lihat fasilitas pelatihan.

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi

Alamat : Jalan Guntur Raya No.1, Kelurahan Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

Telp : (021) 884 1147

Facebook

Profil BBPLK Bekasi

Social Links

Statistik Pengunjung