Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi

Berita

Menaker Berharap PBK Bisa Meningkatkan Kualitas Karakter dan Kompetensi

Menaker Berharap PBK Bisa Meningkatkan Kualitas Karakter dan Kompetensi

Kamis, 10 Januari 2019 by Administrator

 

Dalam pengarahaannya pada Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi, Senin (7/1), Menteri Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, M.Hanif Dhakiri Menaker berharap PBK bisa menjadi satu media dalam rangka meningkatkan kualitas karakter maupun manambah kompetensi sesuai dengan kejuruan yang diminati.

Menaker Hanif menegaskan akan pentingnya karakter, terutama yang karakter yang terkait kinerja. Karakter moral, jelasnya, seperti jujur dan dapat dipercaya. Sedangkan karakter kinerja misalnya disiplin, penuh semangat, dan pekerja keras. “Tapi kalau karakter kinerja tidak dilatih, tidak akan bisa. Kalau tidak dibiasakan tidak bisa”, ucapnya.

Dikatakannya, kalau kita ingin membiasakan sesuatu pasti harus memaksa diri kita. Kita tidak boleh memanjakan diri kita. “Sama seperti shalat yang hanya sekitar lima menit. Tapi kalau tidak terbiasa seperti akan mengangkat suatu beban yang besar. Atau melangkah pergi ke rumah-rumah ibadah masing-masing agama. Kalau tidak dibiasakan akan terasa berat sekali”, paparnya mencontohkan.

“Orang bijak mengatakan ‘knowledge is power, character is more. Kalau Anda punya karakter yang baik ini menjadi modal kita untuk berkembang. Skill dan kompetensi yang kedua”, ucapnya menegaskan. Hadir dalam acara tersebut Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Dirjen Binalattas) Kemnaker RI, Drs. Bambang Satrio Lelono, M.A, Walikota Bekasi, perwakilan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bekasi, perwakilan BPJS Kesehatan, Polres Bekasi, dan Koramil kota Bekasi.

Menaker Hanif bercerita bahwa beliau menayakan para Manajer HRD di berbagai perusahaan. Mereka diminta memilih calon pegawai yang jujur tapi kurang terampil atau yang terampil tapi kurang jujur. “Ternyata mereka memilih yang jujur walaupun kurang terampil. Mereka memilih begitu karena menurut mereka melatih karakter lebih susah daripada melatih keterampilan”, jelasnya.

Menaker Hanif mengunkapkan kalau kita saat ini mengikuti PBK IT atau Elektronika, dalam waktu 2-3 bulan sudah bisa. Tapi soal kejujuran, kepercayaan diri, pantang menyerah, disipin, butuh waktu yang lebih panjang. “Kecuali kalau dorongan dari dalam diri Anda sendiri yang begitu kuat. Jadi kucinya ada di diri kita”, tandasnya (sm).

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi

Alamat : Jalan Guntur Raya No.1, Kelurahan Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

Telp : (021) 884 1147

Facebook

Profil BBPLK Bekasi

Social Links

Statistik Pengunjung