Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi

Berita

PPKD Jakarta Pusat Ingin Menjadi Binaan BBPVP Bekasi

PPKD Jakarta Pusat Ingin Menjadi Binaan BBPVP Bekasi

Senin, 26 Februari 2024 by Administrator

Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Pusat berkeinginan menjadi binaan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi. Untuk itu, mereka pun melakukan Studi Banding ke BBPVP Bekasi. Dalam prosesnya, PPKD Jakarta Pusat berharap dapat bekerjasama secara berkelanjutan untuk program pelatihan, modul, SKKNI, dan lain-lainnya. Di samping itu, PPKD Jakarta Pusat juga telah mengadaptasi kejuruan unggulan di BBPVP Bekasi, salah satunya kejuruan pariwisata.

Dalam sambutannya di Ruang Cendrawasih BBPVP Bekasi, Senin (26/2), Kepala BBPVP Bekasi, Herman Bija, S.T., M.Si sebelumnya menjelaskan tentang profil BBPVP Bekasi. Secara umum, balai-balai latihan kerja milik pemerintah daerah menjadi binaan balai-balai pelatihan vokasi dan produktivitas milik kementerian. ”Kami di Bekasi membina 22 BLK Binaan, 4 di Jawa Barat, 6 di Bengkulu, 2 di DKI Jakarta, dan 10 di Kalimantan Tengah. Kami juga membina 185 BLK Komunitas. Juga memberikan bantuan program ke Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS).” jelasnya.

Dalam perkembangannya, sejak 2023 lalu sudah dibangun workshop baru, yang disebut BLK Mini. BLK Mini akan diisi 8 workshop kejuruan-kejuruan yang tidak dikembangkan di BBPVP Bekasi. BLK Mini hadir sebagai representasi balai yang dimiliki Kementerian Ketenagakerjaan. Selain itu, BLK Mini sudah bekerjasama dengan beberapa perusahaan yang terkait dengan kejuruan-kejuruan itu. “Jadi tamu-tamu tidak perlu jauh-jauh ke balai lain untuk mellihat kejuruan-kejuruan tersebut,” ucapnya.

Sedangkan untuk pemagangan, lanjut Herman, sebelumnya musti ikut rekrut dari pemerintah daerah setempat. Kini, dengan adanya perubahan regulasi dari pemerintah Jepang, mereka bisa berangkat dari daerah mana saja asalkan punya KTP elektronik. ”Jadi meskipun KTP-nya Papua, bisa berangkat dari Bekasi,” kata Herman.

Disebutkannya, untuk tahun ini, Januari lalu BBPVP Bekasi sudah membuka 33 paket Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) di Kejuruan Teknologi Infomasi dan Komunikasi (TIK), Teknik Elektronika, Teknik Refrigerasi, Teknik Las, dan Pariwisata. Selain itu juga ada Pelatihan Peningkatan Produktivitas bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sini. Tahun ini targetnya ada 275 orang pelaku UMKM. Rencananya, tahun ini BBPVP Bekasi juga akan membuka pelatihan metaverse di Kejuruan TIK (/sm).

Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Bekasi

Alamat : Jalan Guntur Raya No.1, Kelurahan Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

Telp : +62 813-1964-8363

Facebook

Profil BBPVP Bekasi

Social Links

Statistik Pengunjung