Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi

Berita

Penyadaran Akan Lingkungan Hidup Akan Masuk Dalam Kursil PBK

Penyadaran Akan Lingkungan Hidup Akan Masuk Dalam Kursil PBK

Kamis, 24 Januari 2019 by Administrator

Salah satu Kejuruan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi adalah Kejuruan Refrigerasi. Sebagai salah satu institusi pelatihan kerja, BBPLK Bekasi memiliki peran penting dalam membentuk teknisi yang kompeten dan upaya pengelolaan referigeran di Indonesia.

Hal-hal tentang penyadaran lingkungan hidup akan masuk dalam kurikulum pelatihan. Tidak hanya pada aspek pencemaran tapi juga hemat energi. Pihak KLHK akan ikut memperbaiki kurikulum dan silabus Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK).

Dalam rangka pelaksanaan penghapusan penggunaan Bahan Perusak Ozon (BPO) jenis Hydrochlorofluorocarbons (HCFC) di Indonesia, Direktorat Mitigasi Perubahan Iklim (Dit. MPI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melaksanakan HCFC Phase Out Management Plant (HMHP Stage II) sektor servicing. Salah satu program tersebut adalah penguatan kapasistas teknisi melalui pelatihan teknisi dan pengelolaan refigeran melalui pusat reklamasi.

Selasa, (22/01) Kepala BBPLK Bekasi, Helmiaty Basri, S.Sos, M.A.P memimpin kunjungan Tim KLKH bersama Tim United Nations Development Programme (UNDP) Bangkok Regional Office terkait fasilitas pada Teknik Refigeran dan Tata Udara di BBPLK Bekasi. Turut hadir dalam acara tersebut para jajaran pejabat Eselon III dan IV di BBPLK Bekasi.

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui untuk Indonesia mencapai negara bebas HCFC. Diperslapkan fasilitas, regulasi, dan infrastruktur untuk mencapai hal tersebut. Dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), pihak KLHK sudah melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) berupa ToT dan pelatihan teknisi dan sertifikasi.

Dalam acara tersebut pihak KLHK menyatakan telah melaksanakan Training of Trainer (ToT) untuk instruktur-instruktur di Balai Latihan Kerja (BLK) di Guangzhou, China. Pihak KLHK juga memberi hibah alat untuk mengawasi freon pada Bea Cukai. Hal ini dilakukan karena banyaknya pemalsuan yang masuk ke pasaran. Alat tersebut dipasang di pelabuhan-pelabuhan impor untuk bahan perusak ozon.

Nantinya, tidak hanya berurusan dengan satu jenis refigeran saja. HCFC penggunaannnya akan dihapus. Jenis-jenis seperti R-407, R-404 A, memang sudah aman untuk ozon tapi menyebabkan pemanasan global. Dalam waktu dekat refigeran jenis ini akan ditarik. Amonia juga sudah tidak boleh untul lemari es rumah tangga. Industri mesti mencari alternatif penggantinya.

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi

Alamat : Jalan Guntur Raya No.1, Kelurahan Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

Telp : (021) 884 1147

Facebook

Profil BBPLK Bekasi

Social Links

Statistik Pengunjung