Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi

Berita

Putra Daerah yang Telah Dilatih Perlu Dicek Kembali

Putra Daerah yang Telah Dilatih Perlu Dicek Kembali

Kamis, 21 Maret 2019 by Administrator

Masalah ketenagakerjaan menjadi isu krusial karena Sumber daya Manusia (SDM) Indonesia banyak yang belum kompeten. Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi bekerjasama dengan perusahan-perusahaan terkait penempatan seperti PT Media Nusantara Citra Tbk, VSAT, Asosiasi Industri Animasi Indonesia (AINAKI), dan lain-lain. Selain kompetensi, industri selalu menekankan pada attitude. Untuk itu, BBPLK Bekasi juga melatih softskill, selain hardskill.  

Demikian disampaikan Kepala Bagian Tata Usaha BBPLK Bekasi Kemnaker RI, Memey Meirita Handayani, S.E saat menerima Kunjungan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sikka dalam rangka Kaji Banding Balai Latihan Kerja pada BBPLK Bekasi, Kamis (21/3).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sikka, Sufriance M.Batu, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Sikka, Alfridus Aeng, dan Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sikka, Germanus Goleng, S.Sos.

Banyak lulusan BLK yang sudah diterima bekerja tapi mengundurkan diri dengan alasan lokasi kerja yang terlalu jauh. “Biasanya anak zaman sekarang tidak mau jauh dari orang tuanya. Atau sebaliknya, orang tuanya yang tidak mau jauh dari anaknya” ucap Ibu Memey menyayangkan.

Ibu Memey meminta agar pihak DPRD Kabupaten Sikka dan Disnakertrans mengecek kembali putra daerah yang kembali dari pelatihan. Apakah ada perubahan sikap pada siswa dari daerahnya. Meskipun dengan pelatihan yang hanya dua bulan, belum tentu karakter itu terbentuk. “Bagaimanapun ketika mereka kembali ke dunia kerja, aturannya lebih ketat”, ucap Ibu Memey.

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi sejak 2017 sudah melaksanakan program boarding di seluruh Indonesia, tapi masih di kota-kota besar. Pada 2018, merambah ke kabupaten, daerah-daerah pedalaman, serta wilayah-wilayah perbatasan. Tujuannya, agar masyarakat Indonesia lebih terlatih. Hal ini juga dilakukan di BBPLK Bandung, BBPLK Serang, BBPLK Semarang, dan BBPLK Medan (sm).

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi

Alamat : Jalan Guntur Raya No.1, Kelurahan Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

Telp : (021) 884 1147

Facebook

Profil BBPLK Bekasi

Social Links

Statistik Pengunjung