Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi

Berita

Siswa PBK Diminta Jangan Anggap Remeh Softskill

Siswa PBK Diminta Jangan Anggap Remeh Softskill

Senin, 22 April 2019 by Administrator

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Tahap III 2019 pada Senin (22/4). PBK Tahap III ini terdiri dari 43 paket pelatihan dari empat kejuruan di BBPLK Bekasi. Sebanyak 17 paket pelatihan di Kejuruan Elektronika, 20 paket pelatihan di Kejuruan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), 4 paket pelatihan di Kejuruan Pariwisata, dan 2 paket pelatihan di Kejuruan Refrigerasi.

Tahun ini ada 8000 pelatihan untuk pencari kerja dan 1000 pelatihan untuk karyawan perusahaan dengan durasi pelatihan 40 jam pelajaran (JP).

Dalam pembukaan ini, Kepala Bidang Penyelenggaraan dan Pemberdayaan BBPLK Bekasi Kemnaker RI, Syafruddin, S.T, M.Pd menegaskan pentingnya Soft skill pada siswa pelatihan. Hadir dalam acara tersebut Kepala Seksi Pemberdayaan BBPLK Bekasi Kemnaker RI, Muhammad Adenin, S.T, Kepala Seksi Penyelenggraan, Fadillah Hakim, S.T, serta para pendamping para peserta boarding dari berbagai daerah.

Pa Syaf meminta jangan anggap remeh pelatihan softskill yang hanya 40 Jam Pelajaran (JP). Berdasar penelitian, 70% kesuksesan bergantung pada softskill. “Yang dicari perusahaan bukan orang pintar. Skill bisa didapat melalui rutinitas pekerjaan. Tapi perusahaan butuh orang yang bisa disiplin dan inovatif” paparnya menjelaskan pada siswa PBK.

Salah satu bagian dari softskill adalah membangun jejaring. Untuk itu, pa Syaf menyarankan para siswa pelatihan yang berasal dari berbagai daerah ini untuk selalu menjaga hubungan baik. “Walaupun materi softskill hanya sebentar tapi sangat menentukan masa depan Anda” ucapnya kembali menegaskan.

Pa Syaf menjelaskan pada siswa PBK bahwa pelatihan ini membimbing agar siap masuk dunia kerja maupun berwirausaha. Untuk itu, Pa Syaf meminta para siswa PBK saat bekerja nanti memposisikan dirinya sebagai majikan. “Kan ga enak melihat pegawai masuk telat pulang awal”, jelasnya.

 Pa Syaf juga meminta agar para peserta PBK belajarlah semaksimal mungkin. “Jangan senang jika instrukturnya terlambat, rubah mindset-nya. Kalian jauh-jauh dari daerah, sebagian ada yang pakai kapal laut. Waktu Anda di sini betul-betul harus dimaksimalkan”, tegasnya (sm).

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi

Alamat : Jalan Guntur Raya No.1, Kelurahan Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

Telp : (021) 884 1147

Facebook

Profil BBPLK Bekasi

Social Links

Statistik Pengunjung