Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi

Berita

Urgensi Upgrade SDM Pendidikan dan Pelatihan di Industri

Urgensi Upgrade SDM Pendidikan dan Pelatihan di Industri

Jumat, 23 Februari 2024 by Administrator

Pada tahun ’80-an, lembaga pendidikan dan lembaga pelatihan vokasi bisa dengan mudahnya mengikuti kebutuhan industri. Namun sejak digunakannya teknologi infomasi, perkembangan di industri menjadi kian begitu cepat. Hal ini tidak bisa diikuti oleh lembaga pendidikan dan lembaga pelatihan vokasi. Karena membutuhkan biaya yang sangat tinggi.  

Terlebih, dalam menghadapi digitalisasi dunia industri, 54% angkatan kerja Indonesia pendidikannya masih SMP ke bawah.  Ini adalah tantangan yang sangat besar. Karenanya perlu bersama-sama bergotong-royong mempersiapkan generasi muda ke depan. Harapannya, kita dapat menjembatani program-program pelatihan di balai-balai pelatihan kerja paling tidak bisa sesuai dengan di industri baik di masa sekarang dan di masa yang akan datang.

“Peralatan kita tidak bisa menyamakan dengan industri. Yang bisa dilakukan mendekatkan itu. Bagaimana agar lembaga pendidikan dan lembaga pelatihan bisa menyeimbangkan dengan industri”, ucap Kepala Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi, Herman Bija, S.T, M.Si dalam pertemuannya dengan Perkumpulan Masyarakat Ahli Teknik Otomasi Industri Indonesia (PMATOII), Kamis (22/2) di Ruang Cendrawasih BBPVP Bekasi.

Untuk itu, lanjut Herman, untuk meningkatkan SDM pelatihan, Instruktur musti belajar di industri, bukan di sesama lembaganya.

Seiring dengan itu, Ketua PMATOII, Iwan Laksana mengatakan bahwa PMATOII telah mensertifikasi dosen-dosen. Selain itu, PMATOII juga ditugaskan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat untuk mensertifikasi siswa-siswa SMK dan guru-gurunya. ”Sayangnya, kalau hanya sertifikasi tapi tidak bisa kerja kan masalah. Seperti kita ketahui, pendidikan sekarang itu berat untuk masuk ke industri. Beberapa bahkan sangat setengah hati,” ucap Iwan dalam pertemuan tersebut.

Iwan juga mengatakan bahwa di negara-negara tetangga mereka dengan semangat terlibat langsung, tentunya didukung pemerintah. ”Di kita kan ga begitu. Jadi kita harus usaha sendiri”, ungkap Iwan. 

Di dunia pendidikan, dosen-dosen juga masih minim diberi kesempatan untuk bersentuhan langsung dengan lapangan. Kerjasama dengan industri lebih pada kebutuhan pada riset-riset yang kalau diimplementasikan, musti melalui 7 tahapan. Sedangkan tiap tahap prosesnya bisa sampai 1 tahun (/sm).

Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Bekasi

Alamat : Jalan Guntur Raya No.1, Kelurahan Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

Telp : +62 813-1964-8363

Facebook

Profil BBPVP Bekasi

Social Links

Statistik Pengunjung