Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi

Berita

komunikasi dan Kolaborasi BLK Komunitas dengan Industri Sekitar Guna Hindari Mismatch

komunikasi dan Kolaborasi BLK Komunitas dengan Industri Sekitar Guna Hindari Mismatch

Senin, 21 Desember 2020 by Administrator

Bekasi-Kepala Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi, Herman secara resmi menutup Pelatihan Diklat Dasar Calon Instruktur Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Program Desain Grafis, Desain Komunikasi Visual, dan Multimedia serta Upgrading Instruktur BLK Komunitas Program Junior Web Programming. Pada kesempatan tersebut Herman didampingi Kabid Penyelenggaraan & Pemberdayaan, Syafruddin. Kabid Program & Evaluasi Yudi Hermawan turut hadir Subandi, Kasubdit Tala Swasta Direktorat Bina Instruktur dan Tenaga Pelatihan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kemenaker RI. Acara Penutupan dilangsungkan di Aula Garuda BBPLK Bekasi (Sabtu, 19/12/20) diikuti oleh seluruh Jajaran Birokrasi BBPLK Bekasi, Para Instruktur, 159 orang peserta Dikdas calon instrktur BLK Komunitas dan 48 Instruktur BLK Komunitas untuk Upgrading. Kesemua peserta berasal dari beberapa provinsi yang berbeda.

Herman pada sambutan penutupan yang sekaligus mewakili Fauziyah, Direktur Bina Intala menyampaikan bahwa Direktorat Bina Intala Ditjen Binalattas telah melakukan langkah-langkah untuk mensukseskan program BLK Komunitas, yakni melaksanakan pendidikan dan pelatihan dasar calon instruktur BLK Komunitas. Sejak 2017 hingga 2019 sebanyak 1.271 calon instruktur telah mengikuti pendidikan dasar. Tahun 2020 ditarget 660 calon instruktur dan 220 orang instruktur mengikuti pelatihan upgrading."selain peningkatan kapasitas, kami juga sangat berharap adanya komunikasi dan kolaborasi BLK Komunitas dengan industri disekitar guna menghindari missmatch antara program pelatihan dan kebutuhan dunia industri" tegas pria kelahiran bulan Mei 1965 ini.

Pendidikan dan Pelatihan ini merupakan tindak lanjut arahan Bapak Presiden RI, Jokowidodo terkait Peningkatan SDM salah satunya meluncurkan Program Bantuan BLK Komunitaa. Hingga 2020 sudah berdiri BLK Komunitas sebanyak 2.113 lembaga BLK Komunitas.

Syafruddin, pria kelahiran Watampone ini mengawali sesi acara penutupan dengan menyampaikan laporan kegiatan penyelenggaraan. Program diklat dasar calon instruktur BLK Komunitas dan upgrading Instruktur BLK Komunitas ini memiliki dua tujuan. Pertama, untuk mencetak instruktur BLK Komunitas yang kompeten di bidang teknis dan metodologi serta untuk memenuhi kebutuhan SDM instruktur yang berkualitas di BLK Komunitas. Kedua, meningkatkan kualitas dan kompetensi instruktur BLK Komunitas. "sehingga Instruktur dapat melaksanakan tugas secara profesional di lembaga masing-masing dan mampu melakukan program pelatihan lebih beragam sesuai dengan kebutuhan lokal daerahnya" demikian laporan kegiatan yang ia sampaikan di hadapan para peserta.

Pada kesempatan tersebut hadir dan memberikan sambutan Kasubdit Tala Swasta Direktorat Bina Intala Kemnaker RI, Subandi. Ia berharap para calon Instruktur BLK Komunitas yang telah mengikuti diklat dasar dan Instruktur BLK Komunitas yang turut dalam pelatihan upgrading dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat baik di internal BLK Komunitas atau sekitarnya. Selain itu juga harus mandiri dan profesional. Dia menyinggung pentingnya "5 AS". apa itu 5 AS?, untuk wujudkan instruktur mandiri, profesional dan bermanfaat. Instruktur saat melakukan pelatihan harus melakoni dan bekerja secara 5 AS. Bekerja kerAS, kerja cerdAS, kerja kualitAS, kerja tuntAS dan kerja ikhlAS.

Tak kalah pentingnya, sebagai instruktur harus bisa menjadi tauladan bagi siswa didiknya. sebab attitude atau sikap serta kedisiplinan adalah modal awal segalanya. "jangan harap siswa disiplin bila instruktur tidak mencontohkannya" tegas Subandi.

Ridhwan Bisri, mewakili ratusan peserta untuk menyampaikan pesan dan kesan saat ikuti pelatihan sampai selesai. ia ucapkan Alhamdulillah dan terima kasih kami dinyatakan kompeten sebagai instruktur setelah 47 hari mengikuti pelatihan ini. pada pelatihan ini kami juga mendapatkan tiga disiplin ilmu sekaligus. Ilmu teoritis, praktek dan metodologi pelatihan, Ilmu kepribadian & kemandirian, serta ilmu keberagaman. Kami akan selalu rindu kepada para instruktur dan teman-teman peserta lainnya. rindu suasananya dan suatu saat bisa berkumpul kembali.

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi

Alamat : Jalan Guntur Raya No.1, Kelurahan Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

Telp : (021) 884 1147

Facebook

Profil BBPLK Bekasi

Social Links

Statistik Pengunjung